Rabu, 30 Mei 2012

Manfaat Sayur Bayam



Kalau membicarakan sayur bayam, mengingatkan saya akan tokoh kartun pelaut Popeye. Bayam diceritakan menjadi sumber kekuatan bagi Popeye. Jika Popeye memakan bayam, maka otot-ototnya menjadi besar dan kokoh, serta memiliki kekuatan untuk mengalahkan musuhnya.
Jika melihat film tersebut, mungkin anda akan bilang "ah itu kan cuma film kartun saja". Tapi, pada kenyataannya sayur bayam memang memiliki kandungan besi yang relatif tinggi bila dibandingkan dengan sayuran lain. Besi yang merupakan penyusun sitokrom (protein yang terlibat dalam fotosintesis) sangat berguna bagi penderita Anemia.
Sayur bayam memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat pada bayam mampu mengatur metabolisme karbohidrat pada tubuh yang menjaga kadar gula darah pada tubuh setelah makan. Bayam juga mengandung betakaroten dan vitamin C yang merupakan anti-oksidan yang baik. Selain itu, sayur bayam juga mengandung asam folat, zat besi dan seng.
Mengkonsumsi sayur bayam secara teratur juga diklaim mampu mencegah jantung koroner. Kandungan Kolin dan Inositol pada bayam mampu penimbunan plak pada pembuluh darah. Sementara lutein yang dikandungnya memiliki khasiat mencegah katarak dan penurunan ketajaman pengelihatan.
Dengan banyaknya kandungan dan manfaat dari bayam, ada baiknya anda mulai mengkonsumsi bayam. Jangan lupa pula ajarkan anak anda untuk mulai menyukai mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam. Bilang saja, "mau kuat seperti Popeye? Makan bayam yang banyak".he..he...
Sumber:Dari beberapa referensi

Template by:
Free Blog Templates